ETF dan Risiko

Banyak yang bertanya ke saya, apa sih risiko etf itu? Untuk menjawab pertanyaan seperti ini, saya biasa menggunakan beberapa metaphor. Ini adalah bagian pertama dari beberapa tulisan (seri) mengenai ETF yang akan saya posting di blog ini beberapa bulan kedepan.

Bayangkan jika anda dihadapi 2 pilihan:
1. Nonton di bioskop Mal yang pintunya tidak terkunci (bisa dibuka/ditutup setiap saaat).
2. Nonton  di bioskop Mal yang pintunya hanya bisa dibuka sebelum film diputar, terkunci pada saat film diputar, baru bisa dibuka kembali setelah pemutaran film selesai.

Menurut anda, bioskop mana yang lebih nyaman, dari segi risiko, misalnya risiko terjadi kebakaran?

Saya pikir akan banyak yang sepakat dengan saya bahwa bioskop no. 1 lebih nyaman, risikonya lebih kecil, karena, dalam hal jika ada kebakaran, anda bisa keluar dengan cepat.

Dalam hal seperti ini, ETF, secara relatif, adalah produk berisiko rendah. Jika pasar saham nyemplung -8% (minus 8%) seperti di September 22, 2011, investor ETF bisa dengan cepat keluar, tanpa harus menunggu akhir hari dan mungkin, hanya rugi -2%. Hal ini disebabkan, ibarat pintu bioskop yang bisa dibuka/tutup setiap saat, NAB (Nilai Aktiva Bersih) ETF tersedia setiap saat, detik per detik, di jam waktu trading bursa. Tanpa harus menunggu bursa tutup (untuk memperoleh NABnya). Dalam kasus seperti ini, yang akhir2 ini sering terjadi di pasar saham, sungguh banyak penghematan kerugian yang investor peroleh (minus 2% vs minus 8% kalau harus tunggu akhir hari).

Ini jika pasar turun drastis. Sebaliknya, jika pasar naik tajam, investor ETF juga dapat lebih beruntung karena bisa masuk di pagi hari, tanpa harus menunggu sore hari penutupan pasar, dimana harga2 saham sudah jadi lebih tinggi. Lumayan!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: