Black Swan, Fat Tail dan Risiko Tak Terduga

Krisis tahun 2008 kembali membuktikan ketidak becusan risk management model yang digunakan oleh bank2, investment banks dan institusi keuangan lainnya. Padahal, ketidak beresan ini sudah ter exposed sejak tahun 1990an, terutama sejak jatuhnya LTCM (Long Term Capital Management) , hedge fund ternama yang dijalankan oleh mantan bos Salomon Brothers – John Merriwheter di backup beberapa staff bertitel Phd dibidang Finance, Ekonomi maupun Matematika., termasuk pemenang Nobel Robert Merton dan Myron Scholes.

Masalah utama dari model yang digunakan, seperti model-model lainnya, adalah dari asumsi yang digunakan. Pasar diasumsikan bergerak secara random walk, hari ke hari pergerakannya independent dan distribusi return hariannya terdistribusi secara normal. Dengan asumsi ini. Probabilitas pasar akan turun 8 hari berturut-turut jadinya = 0.5 pangkat 8 atau sama dengan 0,00396, suatu hal yang sangat kecil sekali kemungkinannya.

Padahal, seperti kita ketahui, dipasar sering terjadi positive feedback.. Harga turun kemarin, diikuti penurunan lagi hari ini dan bisa membawa penurunan lagi dikemudian hari , dan seterusnya. Dengan kata lain, pergerakan pasar dari hari ke hari tidak independent. Terutama pada saat krisis, terdapat serial correlation pergerakan harga dari hari ke hari. Akibatnya, risikonya tidak sekecil seperti yasng diperhitungkan oleh model yang menggunakan asumi distribusi normal.

Faktanya pergerakan pasar tidak mengikuti distibusi normal. Karena ada positive feedback distribusinya lebih berbentuk fat tail. Akibatnya, probabiitas (kemungkinan) kejadiannya jadi lebih besar. Hal ini yang sering tidak terdeteksi kebanyakan model risk management . Makanya banyak yang sering terkejut pada saat krisis terjadi. Black Swan sering di under estimate.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: