Reksadana Online – Control Your Investment Destiny to Prosperity

Mantan bos General Electric Jack Welch pernah berkata; Control your destiny, or some one else will. Artinya: kendalikanlah masa depan anda, kalau tidak, orang lain yang akan mengendalikan masa depan atau hidup anda. Suatu saran yang bijak. Namun fakta membuktikan bahwa sebagian besar orang hidupnya dikendalikan oleh berbagai faktor. Jika anda masih bekerja, maka bos ataupun rekan kerja anda, setidak banyak bisa mempengaruhi nasib atau karir anda. Pengusaha hidupnya dipengaruhi oleh nasabahnya, pesaingnya, ataupun regulator. Demikian juga dengan investasi pribadi anda. Banyak faktor yang bisa mempengaruhi kinerjanya, antara lain:

1. Aksi beli-jual jutaan investor akan menentukan pasar atau saham akan naik atau turun.
2. Aksi korporasi emiten seperti right issue, pembagian dividen, ganti manajemen dsb dapat mempengaruhi harga saham sehingga bisa menjungkir balikan perhitungan anda
3. Laba perusahaan juga sulit untuk diprediksi secara akurat karena banyak faktor yang mempengaruhinya.
4. Perkembangan ekonomi dan bursa global bisa mempengaruhi pergerakan bursa lokal.
5. Perkembangan politik dalam dan luar negeri, jelas akan mempengaruhi pergerakan bursa.
6. Dan sebagainya.

Faktor-faktor tesebut diatas biasanya diklasifikasikan kedalam 2 kategori risiko:
1. Unsystematic risk atau risiko spesifik –risiko yang berhubungan langsung terhadap suatu aset atau perusahaan (misalnya point 2, 3)
2. Systematic risk – risko yang dihadapi seluruh pelaku pasar.(poin 1, 4, 5).

Namun, bukan berarti anda jadi hopeless (tidak ada harapan) sehingga tidak bisa mengendalikan investasi anda. Ada beberapa teknik yang bisa anda gunakan.
Risiko spesifik (unsystematic risk) biasanya dikontrol melalui diversifikasi. Cara diversifikasi paling mudah bagi investor adalah melalui investasi di reksadana.
Tapi, seperti anda ketahui, walau sudah terdiversifikasi, reksadana, terutama reksadana saham, tetap saja bisa turun secara signifikan. Hal ini terjadi terutama karena adanya aturan yang mengharuskan suatu reksadana saham untuk menjaga minimum 80% eksposur di saham, walaupun harga-harga saham.turun drastis.

Risiko sistematis pasar ini mungkin masih terlalu besar bagi anda sehingga mungkin jadi kurang nyaman jadinya.. Tapi, hal inipun bisa anda kendalikan. Caranya adalah melalui time diversification, diversifikasi waktu kapan anda membeli atau menjual reksadana. Strategi diversifikasi waktu yang populer adalah strategi Dollar Cost Averaging (DCA). Strategi ini memang di design untuk memanfaatkan pasar saham yang berfluktuatif.

Dengan portfolio yang lebih terkendali risko sistematis dan risko spesifiknya, anda bisa tidur lebih tenang. Risiko memang masih ada, namun sudah jauh berkurang.

Diversifikasi portofolio melalui reksdana dikombinasikan dengan diversifikasi waktu melalui strategi Dollar Cost Averaging merupakan strategi yang sangat powerful (jitu) bagi perkembangan investasi anda di pasar modal. Dengan metode ini, anda lebih memegang kendali atas kinerja portofolio investasi anda.

Lebih hebat lagi jika implementasi metode ini anda lakukan melalui reksadana online. Anda akan benar-benar memegang kendali atas seluruh investasi anda. Tidak ada yg mempengaruhi anda untuk kapan membeli dan kapan menjual. Semua dikendalikan oleh anda. You are in full control . Cukup dengan satu atau dua click computer anda. Dimana saja, kapan saja. Murah, efisien, efektif dan tentunya, sangat nyaman (convenient).

Sedikit iklan nih:
Control your investment destiny to prosperity via our reksadana online. You willl be in full charge of your investment results. It’s powerful and it’s convenient. It’s specially designed for you Come and visit our reksadana online site, the first full fledged Reksadana Online services in Indonesia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: