Delta Neutral Strategi Yang Jitu?

Di dunia trading options, tidak ada strategi yang paling jitu. Yang ada adalah strategi yang paling cocok dengan toleransi risiko atau temperamen anda. Setiap strategi options mengandung kekuatan maupun kelemahan.  Tidak ada strategi yang selalu untung di situasi pasar yang berubah. Kunci sukses di options trading adalah dengan menerapkan strategi yang cocok dengan situasi pasar. Masalahnya, situasi pasar berubah terus secara kontinyu. Akibatnya, banyak traders yang rugi karena menerapkan strategi yang salah. Tidak ada yang namanya “Instant Expert” di options trading.  Perlu pengalaman yang memadai untuk suskes.  Kalaupun anda untung banyak walaupun baru bermain sesaat di options market, faktor keberuntungan mungkin lebih berperan dalam hal ini. Tunggu beberapa bulan lagi, kemungkinan besar hasilnya akan berubah.

Rekan saya bingung, kenapa dia kalah terus. Strategi yang dia terapkan – “Delta Neutral” – seharusnya untung karena secara teori, kalau pasar bergerak, posisi delta neutral dia akan untung. Pasar sudah bergerak, tapi kenapa dia masih rugi?

Inilah contoh bagaimana “imperfect understanding” atau pengetahuan parsial (hanya sebagian) dari seorang trader bisa berakibat buruk. Rekan saya, yang sebenarnya cukup sophisticated, seorang fund manager, lupa bahwa trading options adalah trading di multi dimensi. Bukan trading di satu dimensi saja (harga), seperti trading saham. Di options, anda secara tidak langsung trading di : harga, waktu, volatilitas dan suku bunga. Posisi dia mungkin saja delta neutral (harga netral), akan tetapi bisa saya pastikan, posisi dia tidak netral secara volatilitas, waktu maupun suku bunga. Akibatnya, pergerakan harga yang dia harapkan akan menguntungkan posisinya (posisi dia delta neutral, long gamma), ter offset oleh time decay dan  volatilitas yang menurun. Jadinya, rugi! Bahasa teknisnya, posisi dia: delta neutral, lomg gamma, short theta dan long vega.

Moral of the story: hati-hati trading options.  Tidak semudah yang anda bayangkan seperti yang diberikan di seminar-seminar options yang kian menjamur. Kalau pengetahuan anda tanggung-tanggung saja, kemungkinan besar anda akan rugi dalam jangka panjangnya.

Just my 2 cents.

Advertisements

6 Responses

  1. “hati-hati trading options. Tidak semudah yang anda bayangkan seperti yang diberikan di seminar-seminar options yang kian menjamur”.

    betul pak. saya juga prihatin dengan janji2 muluk2 di berbagai seminar bahwa trading options bisa menghasilkan untung berlipat-lipat dengan resiko terbatas dan dalam waktu yang cepat!!

    btw, kalau semuanya netral (delta, gamma, vega, dll) nanti dapatnya risk free rate – costs.

  2. Yes, risk free rate only.

  3. Btw Pak, option fund di Jakarta apa aja sih merknya?

    Memang Jakarta market kelihatannya masih bull, punya portfolio option fund + commodity fund baru kelihatan gunanya kalau sudah bear.

  4. Banyak sekarang reksadana yang ada unsur options di portofolionya, misalnya reksadana yang di link performancenya ke suatu indeks tertentu (indeks saham ataupun komoditi).

  5. agak bingung, delta neutral memang bisa rugi memang kalau pasar bergerak agak lebar… only small change we can stay neutral… itupun perlu adjustment secara dinamis untuk tetap neutral… saya menduga portofolionya memang tidak netral terhadap pergerakan pasar

  6. Memang tidak mudah berinvestasi di options.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: