Saham, Growth dan P/E (1)

Banyak investor beranggapan bahwa untuk dapat return yang baik mereka harus investasi di saham yang laju pertumbuhan labanya (earnings growth rate) tinggi. Padahal saham yang ekspektasi laju pertumbuhan labanya sedang-sedang saja bisa juga menghasilkan return yang lumayan, asal saja harga saham tersebut di jual dibawah harga wajarnya.

Untuk lebih jelasnya kita lihat ilustrasi dibawah ini. Untuk mempermudah ilustrasi, ada 2 asumsi yang saya gunakan. Pertama, harga wajar adalah dimana P/E = ekspektasi laju pertumbuhan laba. Jadi, jika laju pertumbuhan laba diperkirakan = 11%, P/E yang wajar = 11. Kedua, harga saham cenderung bergerak ke harga wajarnya (pasar rasional). Mari kita lihat.

Saham A B

Laba per lembar saham (EPS) 200 200

Harga saham 2600 1600

P/E 13 8
Laju pertumbuhan 11% 11%

Ekspektasi laba per saham 222 222

Potensi P/E baru 11 11

Potensi harga saham baru 2442 2442

Potensi gain -6% 53%

Seperti kita lihat, karena harga saham A sebelumnya berada diatas harga wajarnya (P/E lebih besar dari 11), potensi gainnya malahan negatif (-6%). Bandingkan dengan saham B. Karena harga sebelumnya berada dibawah harga wajarnya (P/E lebih kecil dari 11), potensi gainnya tinggi (+53%), padahal ekspektasi laju pertumbuhan labanya hanya 11%.

Posting selanjutnya akan membahas topik yang sama dengan skenario yang berbeda.

Catatan:

Valuasi saham yang lebih tepat sebenarnya dengan menggunakan metode DCF (Discounted Cash Flow). Tapi, metode ini bukan tanpa masalah. Hal ini akan dibahas di posting-posting selanjutnya. Penggunaan P/E hanya agar lebih mempermudah ilustrasi, terutama karena data P/E mudah diperoleh. Selain itu, metode “price-earnings to growth ratio” sering digunakan oleh banyak manajer investasi. Metode ini pertama kali di populerkan oleh legendaris Peter Lynch, yang banyak para ahli mengatakan, tidak kalah hebat dibandingkan dengan Warren Buffet.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: