Kontrak Opsi Aneh

Minggu lalu pasar options di A.S. dikejutkan oleh terdapatnya transaksi besar options indeks S& 500 (SPX) atau futures (SPY), jatuh tempo 21 September 2007. Selain jumlahnya yang besar, USD 1,8 milyar (Rp 16 trilyun lebih), strike price yang dipih juga agak aneh, di level 700. Padahal SPX pada saat ini ada di level 1457. Dugaan awal, akan terjadi sesuatu yang besar di bulan September. Kemungkinan besar, aksi terorisme lagi, berskala sebesar kasus 9/11. Oleh karena itu, mereka yang mengetahui hal ini otomatis membeli DOTM (deep out of the money) put option untuk meraup keuntungan sebesar-besarnya kalau skenario ini terjadi.

Tapi, kalau kita perhatikan dengan jeli, ada berbagai kejanggalan.

1. Jumlah investasi yang besar untuk jangka waktu yang pendek jelas sangat riskan. Kalau tidak terjadi apa-apa, si investor akan rugi besar (16 trilyun lebih). Kita ketahui DOTM options, probabilitasnya sangat-sangat rendah. Untuk put options tersebut untung, SPX harus turun lebih dari 50%, kalau tidak, investasinya hangus termakan time decay. Ini ekuivalen IHSG turun 1000 poin (dari 2000++ ke 1000++) dalam jangka waktu 3 minggu! Sebagai perbandingan, pada krisis pasar modal A.S. di 1987, S&p 500 hanya turun 22.6%

2. Kita ketahui transaksi dengan strike price yang jauh dari harga SPX (DOTM/DITM) adalah sangat-sangat tidak likuid. Harus ada special arrangement dengan broker untuk melakukan transaksi macam ini. Broker gila mana yang mau entertain hal ini?

Tapi, market tetap saja nervous. Walaupun dengan market implied volatility sempat diatas 30%, event ini di ‘priced’ oleh market lebih dari 5-sigma-event! Artinya, probabiltasnya sangat kecil. Kenapa pasar tetap cemas? Ada beberapa faktor. Pertama, mereka ingat bahwa Nasdaq pernah turun lebih dari 50% (5000an ke 1000an) di tahun 2000. Kedua, masalah di subprime dan Yen carry trade masih membayangi mereka. Ketiga, major crashes sering terjadi di September-Oktober. Keempat, 5-sigma event hanya valid kalau market return terdistribusi normal. Tapi pasar tahu market tidak terdistribusi normal (fat-tail). Anything can happen.

Makanya tidak aneh kalau pasar A.S. jadi sangat volatile. Seperti kita ketahui, implied volatility SPX beberapa bulan yang lalu hanya berkisar di range 9%-12%. Sekarang ada di range 18%-33%.

Bukan hanya capital market saja, Depdagri A.S. juga ikut-ikutan memperhatikan ‘unsual transaction’ ini.

Setelah di check ulang, lebih aneh lagi. Ternyata bukan put option, tetapi DITM (deep in the money) call option. Apa? Buat apa beli DITM call option? Saya check di yahoo, memang ada open interest yang besar di SPX Sept 700 call option http://finance.yahoo.com/q/op?s=%5EGSPC&m=2007-09.Setelah search beberapa sites, ternyata call option ini adalah bagian dari apa yang disebut ‘box-spread.’ Box spread sebenarnya adalah ekuivalen dengan transaksi money market. Caranya adalah dengan mengutak-katik posisi options (bahasa kerennya: financial engineering), dengan menggunakan options put-call parity relationship sedemikian rupa sehingga pay-offnya sama atau lebih baik dari bunga money market. Tampaknya si investor besar bisa menemukan bunga yang lebih rendah dengan menggunakan kontrak opsi. Jadi yang mereka lakukan adalah arbitraging pasar money market dengan pasar options. Bukan spekulasi atas kemungkinan buruk di pasar Amerika Serikat. Jadi, tidak usah panik.

Tapi, tetap saja saya heran, kenapa harus DITM/DOTM? Seperti kita ketahui, box spread tidak harus dengan DITM/DOTM. Apa karena hanya dengan DITM/DOTM kontrak, arbitrage jadi mungkin? Hanya mereka yang tahu. Ada yang bilang transaksi ini dilakukan dengan DITM/DOTM kontrak agar tidak kelihatan pasar, mengingat besarnya jumlah transaksi tersebut. Saya check Bloomberg, kuotasi options memang biasanya (default) hanya beberapa strike level saja. Dalam kasus SPX ini, paling hanya strike level 1000 ke atas.

Hmmm. I don’t know. We’ll just have to see what later on develops. Tapi yang jelas, kepanikan pasar sudah mulai mereda, walaupun belum hilang 100%.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: