Apa Itu Yen Carry Trade?

Sebenarnya ini hanya satu dari berbagai bentuk arbitrage. Idenya sederhana: pinjam murah di negara yang tingkat bunganya rendah, kemudian investasi di negara yang tingkat bunganya lebih tinggi.

Misalnya investor meminjam Japanese Yen dengan bunga 1%. Hasil pinjaman ini kemudian di investasikan ke Indonesia – SBI dengan bunga 7,5%. Kalau kurs Yen/Rp stabil (tidak berubah), investor ini akan untung sebesar 6,5%. Tapi, disinilah permasalahannya (risikonya). Kalau Yen menguat terhadap Rupiah lebih dari 6,5%, si investor akan rugi. Jadi wajar kalau sebelum Yen menguat melebihi 6,5%, si investor mulai melakukan aksi membeli kembali Yen, dengan menjual investasinya di SBI. Istilah Inggrisnya : unwinding the carry trade position. Kalau jumlah posisinya besar, bisa repot. Proses unwinding position karena penguatan Yen, malah akan lebih memperkuat nilai Yen lagi (positive feedback). Akibatnya, Yen bisa cepat menguat (Rupiah melemah).

Di pasar Amerika ,proses unwinding dari Yen carry trade konon disebut-sebut sebagai salah satu penyebab utama kenapa DJIA (Dow Jones Industrial Average) merosot tajam, selain karena masalah di sub-prime mortage. Kalau kita lihat, pergerakan Yen terhadap USD memang cukup tajam. Menguat dari level diatas 120 ke level 114-115 Yen per USD. Di level ini, mereka yang masih memiliki posisi long Yen carry trade pasti agak cemas. Kita lihat saja, apakah proses unwinding ini sudah selesai atau masih ada lagi.

Advertisements

5 Responses

  1. Good selection of articles. Also, good explanation of yen carry trade. Previous entry of mean reversion is quite good too with real-life example.

    Very educative blog !!!

    3 thumbs up !!!

  2. sedikit heran sama perilaku org2 wallstreet… selalu cari kambing hitam kalau terjadi penurunan pasar gede2an, ingat crash 87? program trading yang disalahin, sekarang, yen carry trader disebut2…

  3. forex market tanpa kehadiran carry trade rasanya akan sepi dan tak dinamis, banyak trader yang panen profit gara-gara ulah spekulan / investor carry trade ini. Sementara yang floating loss menggunung juga ada….

    Kalau spekulan carry trade masuk pasar sebaiknya exit market aja dulu. Ciri-cirinya adalah lonjakan harga atau anjloknya harga mata uang yang besar dan mengejutkan…

    Have nice trading…..

  4. Salah satu metode carry trade yang menguntungkan adalah dengan meminjam Yen pada 1% lalu diinvestasikan di Goverment Bond [yield antara 6-8%] di negara yang currency-nya diperkirakan akan menguat ; misalnya Canada,Australia atau New Zealand.

    Pilihan negara ditentukan dengan melihat savings rate dan negara tsb sebaiknya memiliki trade surplus dan tingkat debt yang rendah. Yang pasti bukan di U.S karena trade defisit-nya yang mencapai US$2 miliar per hari. Carry Trade pernah dilakukan dengan sukses oleh Sir John Templeton dengan meminjam Yen dan membeli Canadian Goverment Bond.

  5. wah artikel yg sangat menarik. Hanya sayang kurang lengkap. Bagaimana proses, memilih dan teknik lain carry trade.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: