Options (Kontrak Opsi) Return 200%, 2 hari!

Mungkin terjadi? Mungkin, karena kontrak opsi (options) adalah ‘highly leveraged’ instrumen. Tapi, pertanyaan yang lebih tepat adalah: Mungkin terjadi secara konsisten, terus menerus sepanjang tahun? Jawabannya: tidak mungkin.

Makanya sedih saya membaca iklan-iklan dikoran-koran yang sering mengandalkan :

1. Partial truth (kebenaran sepenggal), bukan whole truth (kebenaran sepenuhnya).

2. Memanfaatkan sifat ‘greedy” (rakus) calon investor dengan menyajikan return yang gila-gilaan agar mereka tertarik.

Cara melawan hal-hal seperti ini agar kita tidak tertipu lalu kecewa adalah dengan menggunakan akal sehat kita. Gunakanlah logika. Kalau kurang mengerti, tanya teman, saudara, pakar dalam bidang kontrak opsi ini.

Coba kita gunakan logika kita:

Jika hari bursa dalam 1 tahun = 240 hari, maka jika setiap 2 hari kita menang 200%, maka ada 120 kali (240 hari / 2 hari) dimana nilai investasi kita berkembang 200%. Berarti, dalam 1 tahun, nilai investasi kita akan berkembang menjadi (1+2)^120 atau 3 pangkat 120 kali nilai investasi awal kita. Misalkan nilai awal investasi kita “hanya” Rp. 1000,-. Kalikan dengan 3^120. Coba saja pakai kalkulator. Hasilnya = luaaaar biaaaasa besarnya. Jelas tidak mungkin investasi bisa tumbuh sebesar itu.

Entah angka 200% itu dipasang sengaja, atau tidak sengaja. Tapi kesannya (bagi mereka yang mengerti) kok agak ‘misleading’ ya?

Mari kita kembangkan industri kontrak opsi ini secara sehat.

Hilangkanlah hal-hal yang misleading tersebut.

Tren akhir-akhir ini agak mengkhawatirkan. Ada beberapa orang yang baru dua kali mengikuti seminar mengenai options, sudah merasa hebat. Ada yang siap untuk berhenti bekerja untuk khusus trading option. Ada yang bahkan memberi seminar mengenai option, padahal baru mengikuti 2 atau 3 seminar option yang diadakan orang lain. Amazing!

Dilain pihak, saya tahu ada beberapa options traders yang jago. Tapi, umumnya, keahlian ini dibangun melalui pengalaman trading saham, forex dsb, lalu options bertahun-tahun. Yang jelas, return rata-rata mereka tidak ada yang sampai 200% per tahun (bukan per 2 hari)!

Sekali-kali bisa dapat 200% per 2 hari. Tapi rata-rata 200% per 2 hari adalah suatu yang, boleh dikata, tidak mungkin.

Return rata-rata 10% sampai 40% per “tahun” masih mungkin (tapi, hanya sedikit traders yang bisa), rata-rata 200% per “2 hari”, tidak mungkin!

Advertisements

7 Responses

  1. saya setuju dengan anda bahwa 200 % per 2 hari adalah mungkin tetapi rata-rata 200% per 2 hari adalah suatu hal yg sulit terjadi. Karena itu banyak pembicara seminar options yg lebih memilih menjadi pembicara dibandingkan sebagai options trader. Padahal menurut logika, kalau pembicara tsb benar-benar jago maka akan lebih mudah mencari uang sbg trader dibandingkan sbg pembicara.
    http://www.onlineoptionstrading.blogspot.com

  2. Exactly!

  3. bung John tak usah sedih… saya malah gembira! kenapa?
    fyi, profesi anda hampir sama dengan saya bung, bedanya….exposure saya di derivative lebih banyak, sedangkan anda terhalang aturan. Semakin banyak seminar options yang diadakan, saya bertaruh, bahwa akan semakin banyak ‘options-buyer’ yang mimpi dapat 200% dalam 2 hari. Posisi saya selalu sebagai ‘seller’ (excluded my hedge position)…. artinya, merekalah lawan transaksi saya. Bayangkan kalau tidak ada pemimpi itu, ‘ask’ saya sapa yang makan?

  4. hi,

    jadi apa yg harus kita lakukan sebagai individual investor ?

    thanks
    http://www.futuresoptionsbrokers.blogspot.com

  5. Selain saran saya diatas, pelajarilah dulu apa itu options, karakteristiknya, resiko, dsb, karena untuk suskses di options investment / trading mungkin tidak semudah yang anda bayangkan. Butuh pengalaman trading dan memahami teori dan strategi options yang cukup kuat. Pencipta rumus/formula options saja (Robert Merton, Phd, M. Scholes, Phd) dulu (1997) tidak sukses di arena trading, termasuk trading options. Mereka kuat ilmunya, tapi kurang ada pengalaman di trading.

  6. agak menyimpang nih, saya ngga setuju kalau main option ngga mungkin ROI 200% setahun,
    di option ada strategi Long/Leaps, kalau saya punya $5000,
    $2000nya saya beli aja MCD option LEAPS, $2000nya saya beli AAPL options LEAPS, dalam waktu 6-7 bulan pasti akan terjadi perubahan besar
    LEAPS di pakai seperti meniru membeli saham, jadi apapun pergerakan sahamnya, optionnya akan aman, karena kontraknya yang panjang(minimal 1tahun keatas)
    jadi sebenernya bisa terjadi hal seperti itu ROI 200% dalam setahun, dan di klas option 2 strategi ini di ajarkan kok,
    jadi, ada cara aman dang menguntungkan buat main option kok…asal tahu caranya…mungkin yang di atas, gensi main LEAPS ya…? kelamaan dapet cuannya…..ha ha ha ha

  7. Sdr Arva, ROI 200% setahun itu mungkin saja, bahkan dalam 2 hari saja juga mungkin. Tapi 200% per tahun ‘setiap tahun’ kayaknya kok terlampau muluk.
    LEAPS bukan barang baru, mantan market maker options yang mengaku sebagai jagoannya LEAPS tahun lalu diburu FBI karena kasus penipuan (yg ada hubungannya dengan LEAPS investment).

    Anyway, you are free to implement strategi yang anda anggap sangat jitu tersebut dan tolong kabarkan saya hasilnya tahun depan.
    Good luck!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: