Option Selling Pasti Untung?

Sering kita dengar atau baca di surat kabar atau iklan yang meng-klaim bahwa dengan melakukan strategi menjual kontrak opsi atau option selling strategy, investor bisa untung besar karena fakta / statistik menunjukkan 80% dari kontrak opsi expired worthless atau tidak ada nilainya pada saat jatuh tempo! Jadi kalau kita menjual option, kita memiliki 80% kemungkinan (probabilitas) untuk menang! Lalu, kalau kita sering menang (8 dari 10), maka akhirnya kita akan menang besar!

Benar enggak tuh? Tanya teman saya. Ya tentunya tidak. Secara logika, kalau si penjual opsi menang terus, nantinya tidak akan ada yang mau jadi pembeli. Hukum ekonomi akan berlaku. Klaim-klaim tersebut mengandalkan apa yang kita namakan “partial truth” atau kebenaran sepenggal, not the “whole truth” bukan kebenaran seluruhnya.

Yang disebutkan hanya frekuensi 80% kemenangan , tidak disebutkan jumlah (nilai) rata-rata kemenangan tersebut.

Padahal yang terjadi adalah sebagai berikut:

Menang 80%, rata-rata kemenangan per transaksi = $1.

Kalah 20%, rata-rata kekalahan per transaksi = $4.

Jadi: Rata-rata keuntungan = 80% x $1 -20% x $4 = 0 !!!

Dipotong biaya broker, transaksi, bid-ask spread malahan bisa rugi!

Makanya di film-film mengenai hukum kita lihat kalau ada orang mau diambil sumpahnya selalu based on “truth, nothing but the whole truth.” Bukan berdasarkan “partial truth” karena ini bisa “misleading.”

Lalu , apakah option sellers (penjual kontrak opsi) tidak ada yang untung? Ada, hanya saja tolong dihilangkan kata “pasti” di iklannya.

Advertisements

2 Responses

  1. ‘pasti’, ‘aman’, ‘murah’, ‘gratis’… adalah ‘magic word’ dalam dunia marketing. Saya tidak yakin mereka mau menghilangkan ‘that magic words’ :)…
    Saya juga pernah mengikuti seminar options, walaupun saya tidak butuh, sekedar pengin tahu. Misleading, memang… ambil contoh cara mereka :.. beli call $2, jual $4… untung 100%, sebaliknya, beli call $2 dan hangus… ‘cuma’ rugi $2, sekitar nobanlah..
    Bullshit!.. ada aturan tentang valuasi aset, yaitu ‘konsistensi’… persen ya persen, nominal ya nominal… kalau kita gak konsisten dalam valuasi aset, bisa dijitak bapepam nanti…

  2. memang selling naked options sering untung tetapi sekali kalah, profitnya langsung habis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: